Sukses

Proliga 2022: Diwarnai Protes dan Sempat Terhenti, Putra Jakarta BNI 46 Tumbangkan Juara Bertahan Samator

Liputan6.com, Jakarta - Tim putra Jakarta BNI 46 mengalahkan juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator pada Minggu kedua putaran pertama PLN Mobile Proliga 2022. Lewat laga dramatis selama 2,5 jam lebih, tim asuhan Samsul Jais menang 3-2 (32-30, 31-33, 25-20, 24-26, 17-15).

Bermain di GOR Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jumat, 14 Januari 2022, Jakarta BNI 46 turun dengan kekuatan terbaiknya. Dua pemain asing Osmany Camejo dan Takahiro Tozaki tampil solid bersama Sigit Ardian, Dimas Saputra, Bagus, Wahyu, Rian Irawan, dan libero Muhammad Syaifudin Najib.

Pada dua set awal pertandingan berjalan ketat. Baik BNI maupun Samator tidak mau begitu saja memberikan poin. Wajar, jika kedua tim harus menyelesaikan set pertama dan kedua melalui Deuce.

Di set ketiga, Jakarta BNI 46 tampil lebih dominan dari Samator. Blok dari Osmany dan smes-smes keras dari Dimas, Sigit, Rian dan Tozaki secara bergantian menyumbang poin.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Panas

Pada awal set keempat, Jakarta BNI 46 langsung unggul 3-0. Tapi, Samator menyamakan skor dan membuat pertandingan semakin ketat. Kejar-mengejar poin pun terjadi.

Jakarta BNI 46 sempat memprotes keputusan wasit yang menilai bola sudah terlebih dahulu menyentuh lantai sebelum diambil Osmany saat skor 15-13 untuk keunggulan Samator. Protes pun diterima wasit dan skor untuk Samator pun dibatalkan.

Tercatat Bagus Wahyu dkk empat kali memprotes atas keputusan wasit pada set keempat, dua di antaranya smes Tozaki. Menurut mereka smes Tozaki mengenai tangan pemain Samator, tapi wasit berpendapat justru sebaliknya.

Di set kelima, pertandingan sempat terhenti saat skor 5-4 untuk keunggulan Samator. Pelatih Jakarta BNI 46 Samsul Jais dan para pemainnya memprotes keputusan wasit yang menilai smes Tozaki keluar. Sebaliknya, mereka menilai smes Tozaki mengenai tangan pemain Samator.

Setelah empat menit berada di pinggir lapangan, Samsul Jais dan anak asuhnya memutuskan meneruskan pertandingan. Meski demikian, mentalitas para pemain Jakarta BNI 46 tidak terganggu meski dalam kondisi tertinggal.

Samator berpeluang untuk memenangkan laga saat unggul 14-12. Tapi, Jakarta BNI 46 mampu menyamakan skor dan memaksa deuce. Hingga akhirnya blok dari Dimas Saputra membawa Jakarta BNI 46 memenangkan laga atas Samator.

3 dari 4 halaman

Komentar Samsul Jais

"Pertandingan hari ini saya kira pertandingan bersejarah ketatnya laga 3-2. Terlepas dari itu selisih poin selalu cuma dua, deuce dan deuce terus dari mulai set awal sampai akhir," kata pelatih Jakarta BNI 46 Samsul Jais usai pertandingan.

"Ini merupakan hasil pertandingan istilahnya adu strategi saja. Karena, 3-2 ini adalah kemenangan psikologis. Yang bicara bukan teknis lagi, tapi mental. Untuk itu, saya cukup puas penampilan secara tim maupun secara individu."

Meski demikian, Samsul tidak menutup kekecewaannya dengan kinerja wasit. "Kami sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit. Mereka harus dievaluasi. Kalau sekali dua kali mungkin bisa dimaklumi, tetapi kalau sampai empat kali dalam satu set itu sudah berlebihan," ucap mantan pemain timnas Indonesia itu.

"Jujur saya kecewa dengan beberapa keputusan wasit. Sebab, dalam Proliga kita mencari satu angka saja susah. Saya pikir perlu diadakannya evaluasi bagi wasit kepala maupun hakim garis," pungkas Samsul.

 

4 dari 4 halaman

Klasemen

Peringkat, Tim, Main, Menang, Kalah, Poin

1 Surabaya Bhayangkara Samator 3 1 1 7

2 Jakarta Pertamina Pertamax 1 1 0 3

3 Bogor Lavani 1 1 0 3

4 Jakarta BNI 46 2 1 1 2

5 Palembang Bank SumselBabel 1 0 1 0

6 Kudus Sukun Badan 2 0 2 0