Sukses

Gap Terjun ke NFT, Rilis Hoodie Klasik Digital

Liputan6.com, Jakarta - Merek busana Amerika Serikat (AS), Gap, meluncurkan token non-fungible (NFT) hoodie ikonis mereka pada Kamis, 13 Januari 2022. Sebelumnya, pengecer pakaian lain seperti Adidas, Nike, dan Macy's telah lebih dulu terjun ke ruang NFT sejak beberapa bulan lalu, lapor Hypebeast, Sabtu (15/1/2022).

Untuk perilisannya, peritel mode tersebut bekerja sama dengan Brandon Sines, seniman di balik proyek Frank Ape yang berbasis di New York City, AS. Koleksi digital Gap akan berjenjang pada empat level: Common, Rare, Epic, dan One-of-a-Kind, dengan Common jadi rilisan perdana.

Setiap NFT dari rilisan awal ini akan dihargai dua tez (XTZ) atau sekitar 8,3 dolar AS (Rp119 ribu). Perilisan selanjutnya berlangsung selama dua minggu ke depan, termasuk dalam level Rare hari ini, waktu AS.

Item tersebut dilaporkan dijual seharga enam tez atau 25 dolar AS (Rp358 ribu). Sementara Epic, yang rencananya akan dirilis pada 19 Januari, dihargai 100 tez atau 415 dolar AS (Rp5,9 juta) dan lelang One-of-a-Kind dijadwalkan berlangsung pada 24 Januari.

"Pengalaman gamified mendorong pelanggan untuk mengumpulkan seni digital hoodie Gap yang ikonik di level Common dan Rare untuk membuka kesempatan membeli Epic, seni digital edisi terbatas oleh Brandon Sines, dan hoodie fisik Gap X Frank Ape oleh Sines," perusahaan menjelaskan.

Mereka juga mencatat bahwa pengalaman digital tambahan sedang direncanakan untuk penjualan di masa mendatang. Koleksinya akan dapat dibeli melalui gap.com/nft dan tersedia berdasarkan sistem "siapa cepat, ia dapat."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sektor Fesyen Rambah NFT

Masih dari dunia fesyen, sebelum Gap, Barbie sudah menggandeng Balmain untuk proyek terbaru. Mereka berkolaborasi untuk menghadirkan koleksi mode netral gender dan serangkaian produk NFT eksklusif.

Langkah ini menandai kerja sama pertama Barbie dalam ruang digital. Kedua brand��ini bekerja sama memproduksi koleksi ready-to-wear dan aksesori yang dirilis pada 13 Januari 2022 melalui situs Balmain dan Mattel Creations.

Melansir Vogue, ada tiga NFT yang menggambarkan ciri khas Barbie dan Balmain. Harganya, termasuk busana dan boneka CGI, berkisar dari 295 dolar AS (Rp4,2 juta) sampai 42.494 dolar AS (Rp611 juta).

Bagi CEO dan presiden Mattel, Richard Dickson, kolaborasi unik ini berpotensi memulai babak baru untuk industri pakaian dan mainan. Dickson mengatakan pada Complex, pihaknya berkomitmen pada inovasi dengan "cara yang tidak terduga dan menggembirakan."

"Balmain, di bawah arahan kreatif Olivier Rousteing, adalah mitra yang sempurna untuk menerjemahkan ikonografi yang unik pada Barbie ke dalam literasi modern seni digital dan model fisik," terang Dickson. 

3 dari 4 halaman

Retail Brand Lokal

Tidak hanya pemain luar, retail brand lokal, The Goods Dept, juga terjun lebih dalam ke dunia digital melalui The Goods Society, koleksi NFT pertama mereka. Itu berisi 1,1 ribu karakter yang merepresentasikan para pelanggan The Goods Dept.

Koleksi NFT ini, berdasarkan keterangan yang diterima Liputan6.com, dibangun di atas basis blockchain Ethereum. Tidak seperti koleksi NFT pada umumnya yang menitikberatkan pada koleksi dan kegunaannya di dunia maya, pemilik aset The Goods Society akan dapat merasakan keuntungan asetnya di dunia nyata.

Ini merujuk pada tanda pengenal dan menerima berbagai keuntungan di jaringan retail The Goods Dept. Termasuk di dalamnya menerima segelas kopi gratis setiap hari Senin sampai Rabu selama 2022, serta diskon hingga 50 persen saat berbelanja di hari ulang tahun.

Juga, akan menikmati layanan premium, seperti pengiriman gratis saat belanja online di situs web mereka atau jalur bebas antrean saat masuk ke acara The Goods Dept. Implementasi NFT ke dunia retail ini merupakan yang pertama di Indonesia dan diklaim "akan merevolusi banyak hal."

Pemilik aset juga dapat mengganti atribut karakter. Setiap karakter yang dibeli pada perkembangannya dapat mengganti pakaian atau aksesori lain.

4 dari 4 halaman

Infografis 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar